81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Menanam Paprika Dengan Sistem Hidroponik

Tidak sedikit orang yang mempunyai anggapan bahwa paprika sangat sulit untuk ditanam. Bahkan banyak yang ragu untuk menanam paprika lantaran alat sulit didapat.


Akan tetapi, pada dasarnya paprika bisa ditanam dimana saja. Baik itu di gunung, dataran rendah, atau bahkan disekitar pantai yang mempunyai suhu panas.

Cara Menanam Paprika Dengan Sistem Hidroponik

Dan nyatanya, menanam paprika di dataran tinggi bisa menghasilkan tanaman yang lebih baik dan buah yang besar. Akan tetapi, jika di dataran rendah atau sekitar pantai, meski hasil tidak sebagus di pegunungan, namun jangan dulu berkecil hati.


Dibawah ini kami lampirkan cara mudah untuk budidaya paprika dengan sistem hidroponik. Seperti apa dan bagaimana? Ada baiknya jika anda menyimak ulasan berikut hingga tuntas.


1. Gunakan Benih Yang Berkualitas

Poin utama, pastikan bahwa anda selalu menggunakan benih yang bagus. Akan lebih baik jika anda tidak menyemai benih yang diambil dari buah paprika langsung. Pasalnya hampir semua paprika yang dijual berasal dari tanaman hybrid.


Sehingga anakan yang tumbuh dari biji, akan berbeda dengan indukan awalnya. Bahkan tanaman tersebut tidak bisa berbuah. Jadi belilah benih yang sudah dikemas, sehingga anda tidak mengalami kegagalan.


2. Semai Bibit Pada Kondisi Lembab

Poin yang kedua ialah penyemaian yang bisa anda lakukan pada tempat yang lembab. Bisa memanfaatkan rockwool serta menutupnya selama 1 hingga 2 hari setelah semai.


Setelah muncul bakal tunas, segera diberi paparan sinar matahari hangat. Sebab jika menutup benih terlalu lama, tentu tanaman bisa etiolasi. Masa semai benih paprika berkisar antara 10 hingga 14 hari.


3. Tanam Sistem Hidroponik

Setelah masa semai selesai, maka benih akan mengeluarkan 3 hingga 4 helai daun, serta sudah ada yang melebar. Pada kondisi ini, anda bisa memindah benih pada media tanam hidroponik.


Dalam hal ini, anda bisa menggunakan metode NFT, DFT, fertigasi, ataupun sistem lainnya. Sebab semua sistem hidroponik bisa dipergunakan untuk menanam paprika.


4. Mengontrol Nutrisi dan pH

Kebutuhan nutrisi pada paprika berbeda pada setiap pertumbuhan. Untuk umur 7 hingga 14 hari, pergunakan nutrisi dengan kepekatan 750 ppm dengan nutrisi AB mix.


Selanjutnya, untuk umur 30 hingga 45 hari, anda bisa memberi nutrisi dengan kepekaan 1500 ppm. Dan ketika sudah berbuah, anda bisa menambah hingga 3500 pp.


5. Mengontrol Suhu dan Kelembapan Udara

Setiap tanaman bergantung dengan suhu dan paparan cahaya. Kondisi suhu yang meningkat, akan membuat reaksi fotosintesis semakin cepat. Akan tetapi, jika suhu terlalu panas, maka tanaman akan layu dan mati. Suhu yang paling ideal ialah 18 hingga 23 derajat Celcius.


6. Menanggulangi Hama

Perlu langkah sedini mungkin agar tanaman paprika bisa tumbuh maksimal. Anda pun bisa menggunakan tindakan preventif, yakni dengan memanfaatkan perangkap lalat buah atau cairan petrogenol.


Selain beberapa cara diatas, anda juga bisa menggunakan greenhouse atau screenshouse. Akan tetapi, greenhouse membutuhkan investasi tinggi.


Namun ketika menerapkan greenhouse atau screenhouse, anda sudah tidak lagi pusing memikirkan hama tanaman. Sebab cara tersebut akan mengisolasi tanaman dari gangguan hama. Bagaimana? Cukup sederhana saja bukan?

Post a Comment

Post a Comment