81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Menaikkan Dan Menurunkan pH Nutrisi Hidroponik

Bagaimana sih Cara Menurunkan pH Hidroponik? Dengan membaca pertanyaan tersebut, kami pun merasa terpancing untuk mengumpulkan informasi seputar pH untuk tanaman hidroponik.


Ketika ditelusuri, pada dasarnya larutan nutrisi hidroponik bisa menjadi salah satu kunci keberhasilan petani dalam bercocok tanam dengan sistem hidroponik.

Cara Menaikkan Dan Menurunkan pH Nutrisi Hidroponik

Apalagi mereka yang bertanam hidroponik di rumah, sangat penting sekali untuk memperoleh air dengan kualitas baik sehingga larutan nutrisi yang dipakai bisa mendapat pH yang sesuai.


Akan tetapi, sangat sulit untuk memperoleh pH yang pas. Maka dari itu, diperlukan cara yang tepat agar bisa menaikkan ataupun menurunkan pH pada larutan nutrisi hidroponik.


Secara dasar, menyiapkan larutan nutrisi bukan langkah yang begitu rumit. Sehingga bagi pemula sekalipun, bisa menyetel sendiri ph air sesuai yang dibutuhkan.


Kita pun tahu bahwa ada banyak pemula yang mungkin mengeluh dengan sulitnya cara menyiapkan nutrisi hidroponik. Padahal jika dicoba, hasilnya pun akan terasa mudah.


Saat anda hendak melarutkan nutrisi hidroponik, maka satu hal yang paling penting diperhatikan, yakni kualitas air yang akan anda gunakan.


Di Indonesia sendiri, terdapat banyak sumber air yang bisa dipergunakan untuk melarutkan nutrisi ini. Bahkan anda bisa menggunakan air pam ataupun air sumur, yang terpenting kualitasnya baik dan tidak kotor.


Pertanyaannya, bagaimana sih cara menurunkan ataupun menaikkan ph nutrisi hidroponik? Hal awal setelah anda melarutkan nutrisi ialah mengukur kadar ph pada larutan tersebut.


Standar ph air yang baik berada di kisaran 5,5 hingga 6,5. Agar pengukuran lebih aman, disarankan untuk menggunakan larutan nutrisi dengan kadar 5,8. Cara mengukur pun sudah bisa dilakukan dengan alat elektronik khusus.


Cara Menurunkan pH Nutrisi Hidroponik

Setelah dilakukan pengukuran dan ternyata pH terlalu tinggi, maka anda bisa menurunkan kadar tersebut. Cara yang dipergunakan pun sangatlah sederhana, yakni dengan menambah air bersih yang digunakan.


Selain itu, anda juga bisa menurunkan ph larutan nutrisi dengan beberapa larutan kimia. Sebagai contoh ialah H2SO4, HNO3, dan juga H3PO4 10%.


Setelah anda memperoleh salah satu larutan diatas, maka anda pun bisa memasukkan cairan kimia tersebut sedikit demi sedikit. Tujuannya ialah agar tidak berlebih dan memperoleh kadar pH yang sesuai.


Cara Menaikkan pH Nutrisi Hidroponik

Jika pengukuran pH pada larutan nutrisi kurang dari 5,5. Maka bisa disebut jika pH nutrisi harus dinaikkan agar bisa bekerja sebagaimana mestinya.


Cara yang bisa anda lakukan ialah dengan menambah sedikit demi sedikit larutan kimia KOH 10%. Poin pentingnya ialah, saat proses penambahan larutan, anda harus berhati-hati. Usahakan menuangnya sedikit demi sedikit agar tidak berlebihan.


Pengukuran pH ditujukan supaya kadar nutrisi berada pada porsi yang sesuai. Sehingga tanaman yang di budidayakan pun bisa tumbuh maksimal. Cukup mudah bukan?

Post a Comment

Post a Comment