81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Agar Tanaman Hidroponik Cepat Panen

Dibawah ini kami akan merangkum tentang Cara Agar Tanaman Hidroponik Cepat Panen. Merangkum dari beberapa sumber, langkah penerapannya sangatlah sederhana. Agar informasi yang anda peroleh tidak setengah-setengah, simak ulasan ini hingga tuntas.


Tidak bisa dipungkiri jika sistem tanam hidroponik mempunyai banyak keuntungan. Bahkan bisa disebut lebih mudah dari segi perawatan dibanding dengan sistem tanam konvensional yang menggunakan tanah sebagai media tanam.

Cara Agar Tanaman Hidroponik Cepat Panen

Akan tetapi, ada pula beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar tanaman bisa tumbuh optimal. Dengan perawatan yang benar, maka tanaman akan cepat besar, cepat berbuah, dan bahkan lebih cepat panen.


Ada beberapa poin yang harus anda perhatikan agar tanaman hidroponik bisa tumbuh optimal dan cepat panen. Apa saja?


1. Perhatikan Kualitas Air

Air merupakan media utama dalam penerapan sistem tanam hidroponik. Kondisi air yang kotor atau terkena polusi, sangat tidak dianjurkan digunakan pada sistem tanam ini.


Cara yang paling mudah untuk mengecek apa air yang digunakan bersih dan sehat ialah dengan melihat warna, bau, serta tingkat keasaman. Air yang basa atau mengandung alkali yang tinggi akan memicu tanaman tumbuh tidak sehat.


2. Perhatikan Pencahayaan

Semua tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk bisa berfotosintesis. Istilah ini merupakan tahapan produksi makanan pada tanaman untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.


Tanaman yang kurang asupan cahaya matahari, akan tumbuh kurus dan tinggi. Sehingga poin intinya ialah jangan sampai tanaman yang anda budidaya kekurangan sinar matahari.


Apalagi ketika benih masih pecah benih pertama kali. Pada kondisi ini tanaman harus segera terkena paparan sinar matahari. Jika telat atau kurang, maka tanaman akan kutilang.


3. Perhatikan Nutrisi

Nutrisi mempunyai peranan penting pada sistem tanam hidroponik. Sebab semua makhluk hidup membutuhkan nutrisi, tidak terkecuali tanaman.


Dalam hal ini, tanaman yang kurang nutrisi akan tumbuh kurus. Jadi anda harus rutin cek kepekatan larutan nutrisi, jangan sampai kurang ataupun berlebih.


Sebab jika terlalu over, maka tanaman bisa terbakar pucuk dan daun menjadi kering. Jadi rutin cek serta disesuaikan dengan larutan nutrisi. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan TDS meter.


4. Perhatikan Suhu

Tanaman membutuhkan suhu optimal untuk bisa tumbuh baik. Tanaman yang terkena suhu terlalu panas akan mudah layu dan akar tanaman membusuk. Sering-seringlah semprot tanaman dengan air biasa, paling tidak 2 hingga 3 kali dalam sehari.


5. Perhatikan Oksigen

Sebagai pekebun hidroponik, maka anda harus memperhatikan kebutuhan oksigen pada tanaman. Hal ini sangat terkait dengan pengambilan nutrisi oleh akar.


Sangat penting menjaga kadar oksigen dalam air. Sedangkan kondisi air yang diam akan membuat tanaman sulit untuk mengambil nutrisi penting.


Setidaknya, anda harus sering mengaduk larutan nutrisi setiap pagi. Namun untuk mempermudah bisa pula memanfaatkan aerator.

Post a Comment

Post a Comment