81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Akar Pepaya Bisa Menjadi Tanaman Obat, Apa Saja Manfaatnya?

Akar Pepaya Bisa Menjadi Tanaman Obat. Yang menjadi pertanyaan disini ialah, Apa saja manfaat dari akar pepaya tersebut? Nah, untuk memberikan jawaban yang lebih lengkap, silahkan simak ulasan yang sudah kami rangkum dibawah ini.


Seperti yang kita ketahui, pepaya merupakan salah satu buah yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Terlepas dari rasanya yang manis, pepaya juga mempunyai banyak manfaat, tidak terkecuali untuk melancarkan sistem pencernaan.

Akar Pepaya Bisa Menjadi Tanaman Obat, Apa Saja Manfaatnya?

Dan nyatanya, pepaya tidak hanya bisa dikonsumsi buahnya saja, melakinkan akarnya pun bisa menjadi obat herba yang didalamnya menyimpan jutaan manfaat.


Seperti namanya yang sudah tidak asing, pepaya bisa dikonsumsi pada bagian buah untuk konsumsi, daun untuk sayur dan jamu, bahkan akarnya pun sering digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh.
Akar pepaya mempunyai kandungan zat papalna, kalium, midosim, papayatin, damar, dan juga tasin. Manfaat yang diperoleh untuk tubuh diantaranya :


1. Mengatasi Cacingan

Akar pepaya sangat umum dimanfaatkan untuk mengobati cacingan. Dikarenakan cacing merupakan penyakit infeksi atau parasit dalam tubuh, tentu akar pepaya bisa menjadi alternatif yang kemampuannya sudah tidak diragukan lagi.


Pada sebuah penelitian, diperoleh hasil bahwa akar pepaya mempunyai efek anthelmintik terhadap cacing ascaris suum. Setelah mengkonsumsi air rebusan akar pepaya, efek anthelmintik akan mematikan cacing dalam usus dan dikeluarkan bersama kotoran.


2. Sebagai Antioksidan

Berdasar dari skrining fitokimia, ekstrak etanol yang diperoleh dari akar pepaya, menunjukkan bahwa ekstrak tersebut kaya akan senyawa alkaloid, fenol, flavonoid, tanin, saponin, dan glikosida.


Manfaat dari akan pepaya ini mampu menjaga dan memenuhi kebutuhan antioksidan pada tubuh manusia.


Terlepas dari itu, akar pepaya ini juga mempunyai kandungan gula alami yang terbukti sangat aman untuk dikonsumsi, khususnya bagi mereka yang menderita penyakit diabetes ataupun penyakit jantung.


3. Menyembuhkan Malaria

Akar pepaya mempunyai kemampuan untuk mengatasi sakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk, yaitu malaria.


Pada beberapa kasus malaria yang banyak terjadi pada wilayah Timur Indonesia, sangat jelas jika penyakit ini mengancam nyawa.


Dengan meminum air rebusan akar pepaya secara rutin setiap hari, maka akan membantu penderita malaria untuk kembali sehat.


4. Mengatasi Rematik

Akar pepaya diyakini bisa mengatasi penyakit rematik. Umumnya penyakit ini diderita oleh orang lanjut usia serta memiliki kesamaan dengan asam urat.


Penderita rematik akan mengalami sakit yang aman sangat pada bagian persendian serta sering kumat tiba-tiba. Oleh karena itu, ramuan herbal dari akar pepaya bisa menjadi alternatifnya.


5. Menyembuhkan Sakit Kandung Kemih

Sakit kandung kemih bisa diketahui dengan adanya gejala yang dirasakan, umumnya akan terasa sakit saat buang air kecil.


Jika anda menderita sakit pada bagian kandung kemih, maka tidak ada salahnya jika mencoba ramuan dari akar pepaya ini. Sebab akar pepaya memang sudah lama digunakan sebagai obat tradisional.

Post a Comment

Post a Comment