81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Dan Cara Tanam Bonsai Bunga Kertas

Ingin tahu Tips Dan Cara Tanam Bonsai Bunga Kertas? Sudah tepat jika anda membaca artikel ini. Sebab disini kami akan menjabarkan tetang langkah dan perawatan agar bonsai bunga kertas anda seperti yang diinginkan.


Belakangan ini penggemar tanaman bonsai memang sangat meningkat. Hal tersebut bisa diketahui dengan banyaknya penjualan produk tanaman hias di beberapa marketplace online. Salah satu yang paling familiar ialah bonsai bunga kertas.

Tips Dan Cara Tanam Bonsai Bunga Kertas

Meski ada begitu banyak jenis tanaman yang bisa dibuat bonsai, akan tetapi bunga kertas tetap populer. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai alasan yang salah satunya sangat mudah dalam perawatan.
Untuk mempersingkat waktu, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat bonsai bunga kertas. Apa saja?


1. Menyiapkan Alat Dan Bahan Yang Dibutuhkan

Dikarenakan alat dan bahan yang dibutuhkan sangatlah sederhana, jadi anda pun bisa langsung praktek di rumah. Bahan tersebut mancakup : Pot, gunting tanaman, isolasi, tali rafia, tang, kawat kuningan, cetok, kerikil, pupuk anorganik, pasir, media tanam, pupuk kandang (kompos), serta bibit bunga kertas.


2. Memilih Bibit Bunga Yang Bagus

Yang menjadi poin penting ialah pemilihan bibit yang akan dijadikan bonsai. Anda harus memperhatikan apakah bibit tersebut dalam kondisi sehat serta mengecek daun yang subur dan warna hijau cerah.


Bagaimana cara memperoleh bibit? Umumnya pembibitan berasal dari hasil stek atau cangkok. Sebab bibit dengan metode stek akan menghasilkan tanaman dengan akar kokoh, sebab tidak memiliki akar tunggang.


3. Menyiapkan Media Tanam Baru

Pastikan anda menggunakan media tanam baru, pakai edia dari campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 5:3:2.


Masukkan kerikil terlebih dahulu dengan tujuan agar proses aerasi bisa berjalan baik. Selnjutnya masukkan bibit dan masukkan media tanam hingga pot penuh.


4. Memangkas Daun Jika Diperlukan

Agar tampilan bonsai lebih rapi, maka anda perlu memangkas daun yang dianggap tidak perlu. Selain semakin indah, langkah ini juga bisa mengurangi penguapan berlebih sehingga tanaman tidak stres dan mati.


5. Membuat Kerangka Dasar Bonsai

Proses pembentukan diawali dengan membuat kerangka bonsai terlebih dahulu. Selanjutnya kerangka tersebut diikat dengan kawat kuningan sehingga posisi tidak berubah. Kemudian kuatkan lagi dengan memanfaatkan tali rafia.


Setidaknya kerangka dibuat lebih dari satu, ada yang tegak lurus, atau dibentuk sesuai keinginan. Sehingga hasil yang diperoleh memang pas dan tidak melenceng dari yang diinginkan.


6. Merawat Bonsai

Pada tahap pertumbuhan tanaman, lakukan pemangkasan pada beberapa daun yang tumbuh tidak beraturan. Buang pula ranting yang tumpang tindih sehingga kerangka tidak rusak.


Siram tanaman secukupnya, dan berikan pupuk jika diperlukan. Yang terpenting ialah, anda harus menjaga kelembapan media tanam saat menyiram. Jangan terlalu basah ataupun terlalu kering.

Post a Comment

Post a Comment