81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Teknik Tanaman Hidroponik Bawang Putih

Jika melihat banyaknya referensi tentang Teknik Tanaman Hidronik Bawang Putih, mungkin informasi yang kami rangkum masih kurang lengkap. Sebab ada yang memberikan penjelasan lebih rinci, bahkan dari sisi pemilihan bibit serta yang lainnya.


Akan tetapi, disini kami hanya menambah kekurangannya saja, sehingga anda bisa memperoleh cara yang memang sangat mudah namun dengan hasil yang lebih maksimal. Oleh karena itu, simak baik-baik agar anda tidak salah langkah.

Teknik Tanaman Hidronik Bawang Putih

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, ternyata bawang putih juga bisa ditanam sendiri di rumah. Bahkan bisa menggunakan metode hidroponik yang tentunya tidak memakan banyak tempat, atau bisa juga dengan menggunakan media pot.


Dalam hal ini, penanaman bawang putih dengan sistem hidroponik akan sangat membantu bagi anda yang suka berkebun. Selain mudah, tentu perawatan yang diperlukan juga tidaklah rumit. Seperti apa? Berikut rincian sederhana yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber.


1. Memilih Bibit Yang Baik

Sebelum melakukan penanaman, sudah sepatutnya jika memperhatikan jenis bibit yang nantinya akan ditanam. Dengan memilih bibit yang berkualitas, maka hasil yang diperoleh pun akan lebih bagus.


Ada banyak alternatif yang bisa anda lakukan untuk memperoleh bibit. Pertama ialah dengan membeli pada toko atau gerai yang menjual bibit tanaman. Akan tetapi, bisa juga menggunakan bawang putih yang biasanya diperoleh dari warung untuk masak. Yang terpenting ialah, bibit bisa bertunas dan tumbuh akar.


2. Menyiapkan Media Tanam

Setelah bibit sudah anda dapat, maka selanjutnya ialah menyiapkan media tanam yang diperlukan. Beberapa bahan yang dibutuhkan ialah : Arang, pupuk kompos, pupuk organik cair, sekam, kain flanel, botol plastik, dan pisau / cutter.


Cara membuat media tanamnya pun sangat mudah, yakni potong botol menjadi dua bagian. Untuk informasi tentang pembuatan media tanam bisa anda lihat pada Tips Tanam Bawang Putih Di Rumah.

3. Cara Menanam Dan Merawat Bawang Putih Hidroponik

  • Langkah pertama ialah membersihkan benih bawang putih, potong menjadi 1/3 siung bagian atas dibuang, serta 2/3 siung bagian bawah ditanam.
  • Buatlah lubang pada media tanam, pada satu lubang hanya diperuntukkan untuk satu benih. Selanjutnya masukkan benih bawang putih tadi pada lubang.
  • Tutup benih dengan campuran media tanam yang sudah dibuat sebelumnya serta padatkan tanah supaya benih bisa berdiri tegak dan kokoh.
  • Untuk perawatan, sirami benih ketika tanah sudah mulai mengering. Sampai pada tahap ini, akar akan tumbuh dalam beberapa hari, setelahnya akan tumbuh pula bagian daun.
  • Taruh bawang putih pada area terbuka yang terkena paparan sinar matahari secara langsung, setidaknya 6 jam dalam sehari.
  • Apabila larutan pada bagian bawah botol sudah mulai berkurang, maka anda bisa menambahnya lagi.


Umur berapa hari atau berapa bulan bawang putih sudah bisa dipanen? Ketika sudah mencapai umur 90 hingga 120 hari, maka bawang putih pun siap dipanen. Cirinya ialah daunnya menguning dan tangkainya mulai mengeras.

Post a Comment

Post a Comment