Tanaman Sayur Hidroponik Rumahan - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Monday, September 14, 2020

Tanaman Sayur Hidroponik Rumahan

Bisa disebut jika Tanaman Sayur Hidroponik Rumahan ini bukanlah jenis tanaman yang asing. Sebab kesemuanya lazim dikonsumsi dalah kehidupan sehari-hari.


Mempunyai hobi berkebun, sistem hidroponik mempunyai manfaat dan kelebihan. Mulai dari penanaman yang mudah, hasil panen yang lebih sehat, serta bisa pula dijadikan lahan bisnis yang sangat menguntungkan.

Tanaman Sayur Hidroponik Rumahan

Sekedar untuk diketahui, tanaman sayuran yang ditanam menggunakan sistem hidroponik, bisa tumbuh lebih cepat dibanding dengan media tanam tanah.


Kenapa sayuran hidroponik bisa dijadikan lahan bisnis? Jika kebutuhan sayuran di rumah sudah terpenuhi, maka anda pun bisa menjualnya ke tetangga, sehingga ada pasif income yang bisa diperoleh.


Menurut yang kami rangkum dari beberapa sumber, berikut jenis sayuran hidroponik rumahan yang bisa anda tanam sendiri di rumah.


1. Bayam

Pastinya anda sudah tidak asing dengan sayuran yang satu ini, sebab selain bisa dikonsumsi untuk kebutuhan harian. Bayam hidroponik juga bisa dijadikan bisnis.


Menanam bayam hidroponik nyatanya lebih hemat air dibanding dengan media tanam tanah. Air yang hilang hanya terserap oleh tanaman bayam itu sendiri.


Saat menanam bayam hidroponik, cek selalu tanaman supaya terhindar dari hama. Poin pentingnya ialah mengupayakan agar bayam tidak kekeringan.


Dalam jangka waktu 25 hari sejak tanam, bayam sudah bisa dipanen. Sehingga kurang dari satu bulan, bisa bisa memanen dan menjualnya.


2. Selada

Menjadi salah satu sayuran yang difavoritkan oleh banyak orang, selada bisa dikonsumsi menjadi salad atau dimakan mentah (lalapan) dengan hanya tambahan sambal. Oleh karena itu, selada mempunyai tingkat konsumsi tinggi, sehingga bisa menjadi peluang bisnis bagi anda.


Selada pun sangat mudah untuk ditanam menggunakan sistem hidroponik, khususnya bagi anda pemula. Pasalnya tanaman ini bisa tumbuh dengan baik pada iklim tropis.


Pertumbuhan selada hidroponik juga sangat cepat dibanding dengan ditanam di tanah. Umumnya selada hanya membutuhkan waktu 4 minggu (1 bulan) untuk tumbuh, sehingga dalam waktu 1 bulan sudah bisa di panen.


3. Pakcoy

Sayuran ini banyak kita temukan pada berbagai jenis masakan, khususnya Chinese food. Bahkan sayuran ini tidak kalah populer dibanding dengan lain.


Menurut yang dikutip dari Aeroponics, saat menanam sayur pakcoy hidroponik, anda perlu memastikan suhu airnya tidak terlalu panas. Upayakan suhu air berada di bawah 18 derajat Celcius.


Pakcoy Hidroponik membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 45 hari untuk tumbuh maksimal. Durasi ini terbilang cepat, sehingga anda bisa memanennya untuk dipasarkan.


4. Tomat

Tomat menjadi salah satu bahan masakan yang umum dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Tidak heran jika tomat bisa dijadikan lahan bisnis untuk menambah penghasilan.


Tomat hidroponik membutuhkan kadar nutrisi yang tinggi, seperti halnya potasium dan fosfor. Bahkan tomat juga membutuhkan suplemen kalsium dan nutrisi hidroponik lain agar tumbuh dengan baik.


Upayakan agar tanaman tomat memperoleh cahaya yang cukup, setidaknya 7 jam dalam sehari. Buah yang tergolong sayur ini bisa dipanen jika ciri-cirinya sudah keras dan berubah warna kemerahan.




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done