81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Di Hidroponik

Ingin tahu Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Di Hidroponik? Sudah tepat jika anda membaca artikel ini. Sebab disini kami akan menjabarkan tentang beberapa jenis bunga yang umumnya ditanam menggunakan sistem hidroponik.


Seperti yang kita ketahui, saat ini tanaman hidroponik kian digemari. Tidak hanya untuk tanaman hias saja, melainkan juga bahan pangan alternatif seperti sayur, buah, dan yang lainnya.

Jenis Tanaman Hias Yang Bisa Di Hidroponik

Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari beberapa kelebihan sekaligus kelemahan dari penerapan sistem tanam hidroponik. Kebanyakan orang hanya melihat kelebihannya saja, namun tidak paham dengan kelemahan yang sepatutnya juga diketahui.


Dari sisi kelebihan, mungkin hanya berfokus pada pemenuhan kebutuhan nutrisi dan terhindar dari gulma. Sedangkan dari sisi kekurangan, mungkin akan memakan biaya listrik yang lebih tinggi, atau bahkan perawatan yang intensitasnya lebih tinggi.


Akan tetapi, banyak orang yang mengabaikan hal tersebut. Sebab sistem hidroponik lebih sederhana, bahkan bisa dilakukan pada lahan sempit yang intinya cocok bagi anda yang tidak mempunyai pekarangan luas untuk berkebun.


Pertanyaannya, apa saja jenis bunga yang bisa ditanam secara hidroponik? Menurut yang kami rangkum dari beberapa sumber, berikut jenis bunga yang bisa anda coba tanam menggunakan sistem hidroponik.


1. Bunga Kol

Penerapan sistem tanam pada bunga kol bisa anda lakukan dengan mudah. Yang pertama, cukup siapkan bibit dan merendamnya dalam air hingga keluar kecambah.


Selanjutnya, anda bisa menanam benih bunga kol tadi pada media rockwool / cocopeat / hidrogel selama 2 minggu. Kemudian, bibit bunga kol pun sudah siap ditanam pada sistem budidaya hidroponik.


2. Bunga Anggrek

Meski masih terbilang jarang dilakukan, namun bunga anggrek nyatanya juga bisa ditanam dengan sistem hidroponik. Jika secara umum, anggrek sering dijumpai menggunakan sistem tanam media pot.


Akan tetapi, jika anda memang ingin mencobanya sendiri dirumah, sebelumnya juga harus paham dengan cara atau teknik menanam anggrek dengan hidroponik.


Poin yang pertama ialah dengan mempersiapkan bibit bunga anggrek yang masih segar, selanjutnya bisa menambah larutan nutrisi pada media tanam anggrek. Yang terpenting ialah selalu menjaga jumlah air dan nutrisinya.


3. Bunga Balsam

Bagi anda yang belum kenal, bunga balsam merupakan sejenis bunga pacar air yang mempunyai warna cerah, seperti merah, pink, dan putih. Umumnya bunga ini ditanam sebagai hiasan dan banyak di budidayakan dengan sistem hidroponik.


4. Bunga Mawar

Sudah bukan tanaman hias yang asing, cara menanam bunga mawar secara hidroponik bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Terlebih lagi, teknik budidaya ini bisa menjadikan bunga mawar tumbuh lebih cepat.


Pertama, anda perlu menyiapkan stek batang bunga mawar dan mencelupkannya pada hormon pertumbuhan agar bisa tumbuh lebih maksimal. Selanjutnya, anda bisa menaruh stek tadi pada media tanam hidroponik hingga keluar akar.


Sederhana saja bukan? Apa anda memang berminat untuk mencoba sendiri dirumah?

Post a Comment

Post a Comment