81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Cara Merawat Kaktus Koboi Itu Mudah, Ini Langkahnya

Artikel tentang Cara Merawat Kaktus Koboi Itu Mudah, Ini Langkahnya pada dasarnya sudah bukan suatu hal yang asing. Sebab banyak blogger yang membahas tentang tutorial cara budidaya kaktus dengan teknik dan penerapan yang lengkap.


Sekedar untuk tambahan informasi, langkah perawatan kaktus itu bisa dipelajari oleh siapa saja. Kaktus mempunyai karakteristik yang bisa bertahan hidup pada lingkungan yang panas. Supaya bisa tumbuh dengan baik, tentu juga harus disertai perawatan yang tepat.

Cara Merawat Kaktus Koboi Itu Mudah, Ini Langkahnya

Ada begitu banyak jenis kaktus yang sering dijadikan tanaman hias. Tidak hanya kaktus koboi saja, melainkan ada juga kaktus mini, kaktus centong, kaktus karang, atau bisa juga kaktus kotak.


Kenapa merawat kaktus itu mudah? Hal tersebut dikarenakan penyiraman tidak harus dilakukan setiap hari. Akan tetapi, teknik penyiraman yang salah justru akan membuat kaktus mengalami busuk batang.
Jika anda memang penasaran, dan ingin merawat kaktus dirumah, berikut tata cara yang bisa anda terapkan :


1. Cukupi Asupan Sinar Matahari

Kaktus yang penanamannya berada di dalam ruangan, maka sekali-kali perlu dikeluarkan agar selalu tampak segar. Langkah ini bertujuan agar kaktus memperoleh sinar matahari dan udara segar.


Dalam hal ini, anda bisa menjemur kaktus atau memaparkan sinar matahari, satu atau dua minggu sekali. Atau agar lebih mudah, anda bisa meletakkan kaktus di dekat jendela. Sehingga kaktus pun tetap memperoleh asupan sinar matahari dalam jumlah yang cukup.


2. Memperhatikan Media Tanam

Perlu diketahui, kaktus menyukai media tanam yang kering serta tidak mengikat air terlalu lama. Jika drainase buruk, maka kaktus akan lebih mudah terserang penyakit busuk akar.


Cara mencegah agar hal tersebut tidak terjadi, maka anda perlu mensterilkan media yang digunakan. Akan lebih baik jika menggunakan pot berlubang agar air meresap dengan baik dan media tidak becek.


3. Volume Penyiraman

Meski terbilang tidak menyukai tanah yang basah, bukan berarti kaktus tidak membutuhkan air. Penyiraman harus disesuaikan dengan sifat tanaman tersebut, serta tidak boleh berlebihan agar akar tidak membusuk.


Namun jika penyiraman sangat kurang, justru bisa berdampak pada tanaman kaktus yang dehidrasi. Tanda yang paling umum ialah batang mengkerut dan menjadi kerdil.
Intinya, penyiraman harus tetap teratur sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya menyiram satu minggu sekali.


4. Pemindahan Pot

Pemindahan pot atau yang dikenal dengan istilah repotting, dilakukan apabila kondisi perakaran sudah berkembang baik. Sehingga kemungkinan akar akan keluar dari pot, media sudah berlumut, atau bahkan kaktus tidak bertunas.


Cara mengganti pot pada kaktus pun terbilang mudah, yakni dengan cara menyiram media hingga cukup basah, kemudian dicabut. Semprot akar dengan fungisida serta letakkan pada tempat yang kering dan teduh.


Persiapkan media tanam baru, dan pastikan ukurannya lebih besar dari sebelumnya. Selanjutnya, letakkan kaktus pada tempat yang teduh dan tidak disiram selama dua minggu. Tujuannya ialah agar kaktus bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan.

Post a Comment

Post a Comment