81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

7 Tanaman Hias Hidroponik Sederhana

Jika melihat banyaknya referensi, 7 Tanaman Hias Hidroponik Sederhana bukanlah suatu hal yang sulit untuk dicari. Sebab sudah banyak yang berbagi atau bahkan menjual tanaman tersebut secara daring. Apa anda penasaran dengan beberapa jenis tanaman hias tersebut? Akan lebih baik jika anda menyimak ulasan ini hingga tuntas.


Seperti yang kita ketahui, rumah akan semakin cantik jika dilengkapi dengan tanaman hias. Apalagi saat ini sudah populer dengan sistem tanam hidroponik. Dalam hal ini, banyak orang yang tidak mau repot dalam bercocok tanam, namun mayoritas ingin rumah mereka tampak lebih asri.


Nah dengan adanya sistem hidroponik, tentu perasaan malas atau alasan keterbatasan waktu sudah tidak lagi menjadi alasan. Sebab sistem ini justru bisa menjadi solusi untuk mereka yang ingin mempercantik rumah mereka tanpa harus ribet.


Secara umum, teknik hidroponik dilakukan untuk jenis tanaman sayuran. Namun untuk jaman yang sudah serba modern seperti sekarang, tidak mustahil menerapkan teknik ini pada tanaman hias. Pertanyaannya, apa sih yang dimaksud dengan hidroponik?


Meski sudah familiar, namun banyak pula kalangan orang yang belum paham dengan makna hidroponik. Jika melihat beberapa sumber, hidroponik mempunyai arti sebuah teknik budidaya tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dan hanya berfokus pada pemenuhan nutrisi dari tanaman tersebut.


Terdengar sederhana bukan? Tidak hanya itu saja, teknik ini juga sangat memungkinkan anda untuk bercocok tanam meski terbatas oleh lahan. Meski pekarangan rumah anda kurang luas, namun sistem ini masih bisa anda terapkan.


7 Tanaman Hias Hidroponik Sederhana

Kembali pada fokus seperti yang tertera pada judul, setidaknya ada 7 jenis tanaman hias yang bisa ditanam menggunakan teknik hidroponik. Bahkan bisa dijadikan tanaman hias indoor ataupun outdoor.
Jika anda memang merasa tertarik untuk menanam tanaman hias hidroponik, berikut 7 rekomendasi tanaman hias menurut yang paling populer. Apa saja?


1. Bunga Anggrek

Pada postingan sebelumnya, kami juga sudah menulis tentang Cara Menanam Anggrek Dalam Pot. Sehingga anda mempunyai lebih banyak referensi sebelum benar-benar menanamnya. Baik dari sisi perawatan, ataupun beberapa poin lainnya.


Seperti yang kita ketahui, anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias hidroponik yang bisa tumbuh pada beberapa media tanam. Seperti halnya arang, sabut kelapa, kayu pakis, bahkan hingga pecahan genting dan batu bata.


Lebih lanjut, tanaman anggrek juga mempunyai beberapa varietas yang cantik. Tidak sedikit dari jenisnya yang dipatok dengan harga tinggi lantaran sulit untuk memperolehnya.


Sedangkan dari sisi penataannya pun bervariasi. Anggrek bisa ditanam menempel pada dinding, atau bisa pula dengan memanfaatkan media pot. Anda pun bisa menyusunnya menjadi berundak-undak atau digantung supaya terhindar dari hama.


Nah untuk melakukan perawatan, setiap varietas mempunyai cara yang berbeda. Berdasar pencahayaan, setidaknya ada tiga jenis yaitu :

  • Harus terpapar sinar matahari secara langsung
  • Bisa tumbuh dengan baik pada tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Tidak bisa tumbuh dengan baik pada area yang terpapar sinar matahari langsung.


2. Bunga Matahari

Ternyata bunga yang umumnya ditanam media lahan yang luas ini, juga bisa ditanam dengan sistem hidroponik. Anda bisa memanfaatkan arang sekam atau pasir untuk menjadi ganti media tanah.


Coba anda tanam bunga matahari di dalam pot serta letakkan di halaman rumah. Agar lebih hemat tempat dan lebih rapi, letakkan bunga tersebut di rak bersusun.


Akan tetapi, anda harus meletakkan bunga matahari ini di luar ruangan. Sebab seperti namanya, bunga matahari memerlukan tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung.


Bagaimana dengan perawatan? Pada poin ini, anda cukup menyiram air dan larutan nutrisi sekali dalam sehari. Anda bisa melakukannya secara manusi, yakni dengan sistem tetes agar lebih praktis.


3. Aglaonema (Sri Rejeki)

Mungkin untuk sebagian orang sudah tidak asing dengan nama tanaman hias yang satu ini. Ya, Aglaonema atau yang juga dikenal dengan sebutan Sri Rejeki, bisa anda temui di hampir setiap rumah.


Aglaonema mempunyai nila estetika dari corak dan warna daunnya yang unik. Terlepas dari itu, tanaman hias hidroponik ini juga mempunyai manfaat sebagai pembersih udara (Antipolutan) yang bisa menyerap racun atau zat berbahaya dalam ruangan.


Dari sisi perawatan, bunga Sri Rejeki sangat mudah dipelihara. Meski memerlukan sinar matahari, namun tanaman hias ini juga bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan.


4. Keladi Red Star

Masuk pada keluar keladi-keladian, tanaman hias hidroponik keladi red star juga tidak kalah populer dengan jenis tanaman hias yang lain.

 

Keladi red star mempunyai warna daun yang sangat unik dan menarik, yakni merah. Dari sisi bentuk juga sangat cantik, sehingga bisa menambah nilai estetika apabila ditanam di halaman rumah.


Bagaimana dengan cara merawatnya? Perawatan dari keladi red star juga sangatlah mudah dan sederhana. Anda cukup memastikan bahwa tanaman ini berada pada lokasi yang penuh sinar matahari. Tujuannya ialah agar tanaman hias yang satu ini bisa tumbuh subur nan cantik.


5. Suplir

Tidaklah sulit untuk mendapat tanaman hias hidrponik yang satu ini. Suplir merupakan jenis tanaman hias yang masuk pada keluarga paku-pakuan, bahkan tanaman ini sudah populer sejak era 1990-an.


Suplir mempunyai daya tarik yang begitu khas, bisa dilihat dari bentuk daun, bentuk tajuk, serta warna yang kontras antara daun dan batangnya. Bahkan tanaman ini juga mempunyai macam jenis serta varietas.


Cara pemeliharaannya juga sangatlah mudah. Sebab tanaman ini bisa tumbuh baik pada lingkungan lembab, sehingga tidak masalah meski berada pada tempat yang lembab.


6. Sirih Gading

Tanaman hias yang satu ini mempunyai ciri khas serta nilai estetika yang terletak pada bagian corak daun. Sirih gading mempunyai daun dengan corak warna belang hijau dan kuning.


Bagi anda yang tidak mau ribet dalam hal penanaman ataupun perawatan, tanaman hias sirih gading bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Sebab tanaman ini cukup bandel dan mampu tumbuh subur pada beberapa media, bahkan pada air sekalipun.


Anda juga bisa meletakkannya untuk mempercantik halaman rumah, atau bisa juga menjadi penghias ruangan dengan hanya menyiramnya dua hari sekali. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai fungsi untuk membersihkan udara dari polusi berbahaya.


7. Lidah Buaya

Tidak berbeda dengan ulasan Cara Menaman Lidah Buaya Dengan Sistem Hidroponik yang kami ulas sebelumnya,  lidah buaya bisa diletakkan di luar ataupun di dalam ruangan. Media tanam yang digunakan pun bisa berupa hidrogel atau arang sekam.


Meski tampak begitu sederhana, namun lidah buaya sangat populer dan sangat mudah dalam hal perawatan. Sehingga tidaklah heran jika lidah buaya banyak dibudidayakan.


Dari sisi perawatan, lidah buaya cukup disiram dua kali sehari. Atau setidaknya saat media tanam sudah mulai mengering.


Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami tulis. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan!

Post a Comment

Post a Comment