81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Tanam Bawang Putih Di Rumah

Bisa disebut jika Tips Tanam Bawang Putih Di Rumah bukan suatu informasi yang asing. Pasalnya sudah banyak orang yang sudah mencobanya sendiri, sehingga mereka pun bisa bercocok tanam sekaligus menambah wawasan terkait perawatan tanaman yang baik.


Tidak sedikit orang yang ingin menghemat pengeluaran mereka dengan menanam sendiri beberapa bahan makanan di lingkungan sekitar. Bahkan bisa juga menggunakan media tanam pot atau polybag.

Nah, salah satu bahan makanan yang bisa anda budidaya ialah bawang putih. Sebab budidaya bawang putih nyatanya bisa dilakukan secara sederhana ala rumahan.


Pertanyaannya, bagaimana cara menanam bawang putih yang sederhana dengan waktu relatif singkat? Untuk memberikan jawaban yang lebih detail, simak tips berikut hingga tuntas.


Ada beberapa tahapan dan tata cara menanam bawang putih. Dalam hal ini, anda harus melakukan dan mempersiapkan semuanya dengan baik. Tahapan yang perlu anda lakukan ialah :

  • Mempersiapkan jenis bawang putih yang nantinya akan anda budidaya di rumah.
  • Menentukan waktu penanaman yang tepat, akan lebih baik jika bukan musim hujan.
  • Mempersiapkan media tanam
  • Melalui proses penanaman bawang putih
  • Memanen hasil bawang putih
  • Mempersiapkan Bibit


Untuk poin cara memilih jenis bawang putih, setidaknya ada dua jenis yang sering digunakan oleh pecinta tanaman. Yakni jenis Softneck dan Hardneck.


Jenis softneck mempunyai bentuk daun yang menjuntai ke bawah. Sedangkan hardneck mempunyai batang tegak dan keras yang ditengahnya terdapat umbi bawang.


Banyak yang menilai bahwa bawang softneck lebih mudah untuk ditanam dan dikembangkan pada daerah tropis. Hasil panen umumnya berukuran kecil namun mempunyai rasa yang kuat. Sedangkan untuk hardneck cocok untuk ditanam pada area cenderung dingin dan bersalju.


Cara Menanam Bawang Putih

Untuk bisa berkebun bawang putih tidak memerlukan alat dan lahan yang besar. Anda cukup mempersiapkan beberapa buah pot kecil dan tanah subur sebagai media tanam.


Selanjutnya potong bagian bawah butir bawang yang masih ditempeli akar, gali beberapa lubang pada tanah dalam pot, serta masukkan potongan bawang putih pada lubang dan ditutupi dengan tanah.


Agar bawang putih tumbuh maksimal, sirami pot dengan air secukupnya. Baru setelah beberapa hari, akan muncul daun dengan warna hijau sebagai tanda bahwa bawang putih sudah mulai berkembang.


Selanjutnya cukup sirami pot jika sudah terlihat kering. Jangan lupa untuk memberi pupuk dari campuran pelet ikan dan air rendaman rumput lain.


Cara Memanen Bawang Putih

Masa panen bawang putih ditentukan berdasar jenis dan juga cuaca pada sekitar wilayah tempat tinggal anda. Umumnya, masa panen berkisar antara 90 hingga 120 hari.


Panas bisa mempercepat perkembangan bawang putih, sedangkan suhu dingin bisa memperlambat. Untuk bawang putih yang sudah siap dipanen, ialah ketika bagian tengah daun nampak menguning.


Anda bisa mengambil bawang saat tanah cenderung kering. Caranya ialah dengan melonggarkan permukaan tanah menggunakan sekop. Kemudian angkat daun hingga bawang terlihat.


Bagaimana? Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Post a Comment

Post a Comment