81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Merawat Tanaman Lidah Mertua

Tips Merawat Tanaman Lidah Mertua pada dasarnya sudah banyak beredar di internet. Akan tetapi, terkadang tidak kesemuanya memberikan hasil seperti yang kita inginkan. Oleh karena itu, disini kami akan memberikan langkah sederhana agar tanaman hias anda lebih terawat.


Seperti yang kita ketahui, mendekorasi rumah dengan beberapa macam tanaman memanglah suatu hal yang terbilang menarik. Tidak hanya memperindah ruangan, namun pemilihan posisi yang tepat akan memberikan kesan ruang lebih asri dan segar.


Salah satu jenis tanaman yang paling sering dipelihara dalam ruangan ialah lidah mertua. Pasalnya warna hijau dengan bercak putih pada daun tanaman ini sangat menarik untuk dipelihara. Bahkan bisa memperbaiki sirkulasi udara dalam ruangan, sehingga secara tidak langsung akan membuat tubuh kita lebih sehat.

Pertanyaannya, bagaimana cara merawat tanaman lidah mertua? Menurut yang kami rangkum dari beberapa sumber, berikut tata cara yang bisa anda lakukan agar tanaman hias anda tumbuh maksimal.


1. Perhatikan Asupan Sinar Matahari


Sebagai langkah pertama dalam perawatan tanaman lidah mertua, ialah dengan memberikan kebutuhan sinar matahari yang cukup. Meski ditanam (diletakkan) dalam ruangan, namun tanaman ini tetap membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis.


Pada poin ini, anda bisa meletakkan tanaman lidah mertua di dekat jendela yang terkena sinar matahari secara langsung. Namun jika anda masih bingung, setidaknya anda mengeluarkan tanaman ini di pagi hari. Kemudian menaruhnya kembali jika dirasa sudah cukup.


2. Menyiram Dua Kali Seminggu


Dengan tekstur daun yang sedikit tebal, tentu tanaman lidah mertua sudah mempunyai cadangan makanan untuk bisa hidup lebih lama meski dalam kekeringan. Sehingga ketika disiram secara berlebihan, ada kemungkinan tanaman ini tidak tumbuh maksimal.


Jika peletakan tanam lidah mertua di dalam ruangan, ada baiknya anda menyiram secara rutin sebanyak dua kali dalam seminggu. Pasalnya tanaman ini tidak membutuhkan banyak air untuk bisa tumbuh.


Begitu juga sebaliknya, jika menyiramnya terlalu berlebihan, maka hanya akan menjadikan tanaman lidah mertua membusuk. Bahkan bisa lebih cepat mati.


3. Menggunakan Pupuk Organik


Penggunaan pupuk organik juga termasuk salah satu cara paling mudah dalam merawat tanaman lidah mertua. Perlu diketahui, tanaman ini pada dasarnya bisa tumbuh pada tanah biasa. Namun harus tetap dijaga kelembapannya.


Terlepas dari itu, pemberian pupuk organik mempunyai tujuan supaya tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. Sebab pupuk jenis ini lebih mudah terurai dalam waktu yang lebih lama, sehingga sangat cocok untuk tanaman hias lidah mertua.


4. Bersihkan Dari Gulma


Sudah bukan suatu hal yang asing jika pada media tanam seperti pot juga tumbuh guma seperti rumput liar atau sejenisnya. Meski kemungkinannya sangat keci, namun akan lebih baik jika anda selalu mengontrol kondisi media tanam yang digunakan.


Jangan sampai ada rumput liar yang tumbuh pada media tersebut. Sehingga anda pun perlu segera membersihkannya.

Post a Comment

Post a Comment