81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Agar Tanaman Berbunga Lebat

Adakah Tips Agar Tanaman Berbunga Lebat? Mungkin pertanyaan ini muncul ketika anda mempunyai tanaman, namun tidak kunjung berbunga meski sudah dilakukan perawatan secara maksimal.

 

Secara dasar, terdapat beberapa poin yang menjadi faktor kenapa tanaman tersebut tidak berbunga. Tidak terkecuali dari penempatan yang salah, pemberian pupuk, atau bisa juga karena faktor lainnnya.

 

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini banyak orang yang gemar sekali memelihara tanaman hias. Khususnya yang mempunyai bentuk dan warna bunga yang sangat indah. Selain bisa memperindah lingkungan (outdoor), tentu anda juga bisa memelihara tanaman hias di dalam ruangan.

Pertanyaannya, bagaimana cara merawat tanaman agar cepat berbunga? Jika anda mencari referensi dari internet, tentu akan menemukan beberapa website yang membahas tentang hal ini. Bahkan karena pertanyaan tersebut, anda bisa mampir pada blog yang sederhana ini.

 

Untuk memberikan jawaban yang lebih lengkap, dibawah ini kami sudah merangkum tentang beberapa hal yang menjadi poin penting ketika merawat tanaman. Apa saja? 

 

1. Hindari Menyiram Terlalu Sering

Untuk jenis tanaman tertentu, mungkin dengan penyiraman yang berlebih, tidak memberikan efek berarti. Bahkan bisa mendukung pertumbuhan lebih maksimal.

 

Akan tetapi, perlu diperhatikan juga jenis tanaman apa yang sedang anda rawat. Pasalnya, pada tanaman seperti contoh Tabebuya, justru menyiram terlalu sering akan menghambat perkembangan akar.

 

Apabila tanaman masih baru ditanam, mungkin menyiram secara rutin bisa mencegah tanaman menjadi layu dan mati. Namun untuk perawatan lebih lanjut, anda cukup memperhatikan tingkat kelembapan tanah pada media tanam yang digunakan. 

 

2. Pemberian Pupuk Fosfor

Untuk bisa merangsang pertumbuhan bunga (pembungaan), anda bisa memberi pupuk dengan kandungan unsur fosfor. Akan tetapi, penting pula penggunaan pupuk dengan kandungan unsur nitrogen. Pasalnya sangat berguna untuk membentuk tunas atau cabang baru.

 

Dengan pemberian pupuk yang benar dan teratur, maka besar kemungkinan tanaman akan sering berbunga. Bahkan bisa lebih cepat dan lebat. 

 

3. Perhatikan Media Tanam

Pada jenis tanaman yang bisa tumbuh dimana saja, dengan habitat yang kering atau sejenisnya. Mungkin media tanam bisa dikecualikan. Namun bagaimana dengan jenis tanaman yang rentan layu?

 

Dalam hal ini, anda perlu memastikan bahwa tanah atau lahan yang digunakan selalu gembur. Apabila memang struktur tanah kurang baik, maka anda bisa menambah pupuk atau kompos pada tanah tersebut. 

 

4. Memangkas Bagian Pohon

Meski terbilang sedikit ekstrim, namun pemangkasan pohon ini bertujuan untuk menjaga kondisi tanaman tetap baik. Apabila dirasa ada bagian tanaman yang rusak, maka segeralah anda pangkas.

 

Dengan langkah ini, pertumbuhan cabang dan kelebatan bunga tidak terhambat. Bahkan mempunyai peranan untuk memaksimalkan kanopi daun agar enak dipandang mata. 

 

5. Menjaga Asupan Sinar Matahari

Pohon yang berbunga, memerlukan cahaya matahari yang cukup. Pasalnya tanaman tersebut akan sulit berbunga saat kekurangan asupan cahaya matahari.

Post a Comment

Post a Comment