Penerapan Tanaman Hidroponik Sistem Wick - Bercocok Tanam
News Update
Loading...

Friday, August 28, 2020

Penerapan Tanaman Hidroponik Sistem Wick

Bisa disebut jika Penerapan Tanaman Hidroponik Sistem Wick ini sudah banyak diterapkan. Selain mudah, tentu bahan yang digunakan pun sangatlah sederhana. Bahkan dari beberapa barang bekas yang ada di lingkungan sekitar rumah.


Sekedar untuk diketahui, membuat hidroponik di rumah bisa dilakukan dengan cara yang paling sederhana, yaitu sistem sumbu atau yang lebih populer dikenal dengan Wick System.

Penerapan Tanaman Hidroponik Sistem Wick

Wick System sendiri merupakan cara menanam hidroponik yang paling sederhana. Prinsipnya, sistem sumbu ini hanya memerlukan sumbu yang bisa menghubungkan antara larutan nutrisi bak penampung dengan media tanam.


Sistem ini merupakan jenis pasif yang berarti tidak ada bagian yang bergerak. Larutan nutrisi akan ditarik pada media tanam melalui sumbu. Air dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman bisa mencapai akar dengan memanfaatkan daya kapilaritas pada sumbu.


Secara dasar, penggunaan sistem sumbu ini bisa dibuat dengan mudah meski diterapkan oleh pemula. Bahkan sering menjadi bahan pembelajaran oleh guru di kelas sebagai percobaan anak-anak murid untuk bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik. Berikut cara membuat hidroponik wick system :


Bahan Dan Alat Yang Diperlukan :

  • Botol bekas minuman (dianjurkan menggunakan ukuran 600 ml)
  • Gunting, pisau, atau bisa juga cutter
  • Sumbu berupa kain bekas atau kain flanel sebagai media pengalir nutrisi (wick system)
  • Bibit tanaman yang sudah dikembangkan pada media rockwool
  • Air beserta nutrisi pupuk A dan B (bisa dibeli pada toko khusus tanaman/pertanian)
  • Paku


Sebelum dilakukan pemindahan pada media tanam hidroponik, kembangkan terlebih dahulu bibis menggunakan rockwool. Bahan ini merupakan media tanam, tapi hanya cocok untuk tempat penyemaian bibit.


Langkah Dan Cara Pembuatan Hidroponik Wick System :

  • Potong terlebih dahulu botol minuman bekas menjadi dua bagian. Pastikan ukuran bagian bawah lebih besar.
  • Tuangkan air ke dalam botol dilanjutkan dengan pemberian pupuk nutrisi A & B sesuai dengan takaran.
  • Lubangi permukaan di bagian leher botol menggunakan paku kecil pada beberapa titik. Tidak lupa melubangi botol untuk jalur sumbu.
  • Masukkan sumbu dari kain bekas atau kain flanel, pastikan ukuran sumbu cukup panjang pada kedua sisi agar bisa menyerap air yang akan di bagian bawah botol. Taruh bagian atas botol secara terbalik.
  • Masukkan benih yang masih tertanam pada rockwool pada bagian botol yang sudah dibalik tadi.
  • Pastikan benih mengenai bagian sumbu yang sudah dibasahi larutan nutrisi. Serta letakkan botol pada area yang ramah sinar matahari namun tidak rawan terkena air hujan.


Perawatan Tanaman Hidroponik Wick System

Benih tanaman yang dibudidayakan dengan sistem hidroponik ini harus diberikan nutrisi tambahan. Pada minggu pertama penanaman, gunakan nutrisi A & B dengan takaran masing-masing 5 ml untuk 1 L air.


Selanjutnya naikkan menjadi masing-masing 6ml campuran untuk tiap liter pada minggu kedua. Begitu pun selanjutnya hingga tanaman siap dipanen.


Sangat mudah bukan? Minat untuk mencoba sendiri di rumah?




Share with your friends

Give us your opinion
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done