81k3uqGDdFxOCqDaezmhq9nnmr231M54iNG2lEKA
Bookmark

Tips Merawat Tanaman Hias Ekor Merak

Pada dasarnya, Tips Merawat Tanaman Hias Ekor Merak ini sudah tersebar luas di berbagai media. Bahkan bisa diperoleh dari beberapa blog dengan memanfaatkan sambungan internet.

Akan tetapi, untuk sekedar tambahan referensi, tidak ada salahnya jika disini kami mengulas kembali informasi tersebut. Sehingga anda pun bisa lebih paham dengan tata cara melakukan perawatan yang baik terhadap tanaman hias ekor merak.

Tips Merawat Tanaman Hias Ekor Merak

Seperti yang kita ketahui, tanaman maranta merak atau yang juga dikenal dengan nama ilmiah Calathea “Burle Marx”, sangat mudah tumbuh di daerah tropis. Bahkan dari sisi perawatan pun, tidak memerlukan langkah rumit seperti tanaman hias yang lain.

Terlebih lagi, seiring dengan berkembangnya zaman yang sudah serba teknologi, banyak penjual tanaman ekor merak yang memasarkan produk mereka secara online. Bahkan harganya pun sangat terjangkau.

Akan tetapi, yang menjadi poin penting disini ialah penempatan dari tanaman hias tersebut. Sehingga bisa menambah kesan indah di dalam ataupun di luar rumah.

Bagi anda yang memang berniat untuk memelihara tanaman hias ekor merak, mungkin ada baiknya jika menyimak beberapa rangkuman yang sudah kami sediakan berikut. Tujuannya, supaya tanaman tumbuh lebih maksimal dan juga menghasilkan bunga yang lebih indah.

Tips Merawat Tanaman Hias Ekor Merak

Nah, cukup berbeda dengan perlakuan ketika anda memelihara bunga hias yang lain. Ekor merak harus diperhitungkan dari beberapa sisi. Termasuk juga ukuran wadah, penanaman, penyiraman, pemupukan, dan yang lainnya.

Oleh karena itu, agar anda tidak salah langkah, berikut cara penanaman dan perawatan tanaman hias ekor merak. Apa saja?

1. Perhatikan Ukuran Wadah / Pot
Banyak dari pecinta tanaman hias yang menyarankan agar penggunaan wadah mempunyai ukuran diameter 25 cm. Entah dengan alasan apa, namun tujuannya ialah untuk memaksimalkan pertumbuhan.

Wadah yang digunakan bisa berupa polybag atau pot yang ukurannya memang sesuai, sehingga nantinya anda bisa mengatur sendiri pilihan warna atau sejenisnya.

Jika anda menggunakan polybag, maka anda waktu penggantian untuk wadah supaya tanaman tetap terawat. Setidaknya setiap 6 bulan sekali harus anda ganti.

2. Waktu Penyiraman
Pada awal penanaman, setidaknya penyiraman dilakukan 1 hari sebanyak dua kali. Sedangkan untuk selanjutnya, bisa dilakukan dua hari sekali.

3. Peletakan Tanaman / Penyimpanan
Meski sederhana, namun penempatan yang tepat akan membuat bunga ekor merak lebih indah. Untuk penyimpanan awal, setidaknya terkena paparan sinar matahari sebanyak 25% dibawah naungan. Selanjutnya, bisa 50% atau maksimal 99%.

4. Waktu Pemupukan
Pada awal penanaman, tentu anda harus menyiapkan media yang memang sudah digemburkan. Sehingga pertumbuhan akar berjalan sebagaimana mestinya. Untuk pemupukan awal, setidaknya dilakukan sebulan sekali, selanjutnya bisa 2 atau 3 minggu sekali.

Terlepas dari beberapa poin diatas, anda juga harus memperhatikan media tanam yang direkomendasikan.

Dalam hal ini, anda bisa memakai campuran tanah subur, sekam atau sejenisnya, serta penggunaan pupuk organik yang tepat.
Post a Comment

Post a Comment